mengenal dan mencegah (2019-nCoV) atau lebih dikenal dengan nama virus corona

Virus Corona diyakini pertama kali muncul di Wuhan, China pada Desember 2019 dan hingga 24 Januari 2020 menewaskan 25 orang dan meinfeksi 800 orang lainnya.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman  Prof. Amin Subandriyo mengajak masyarakat agar menjaga pola hidup bersih dan sehat serta menjauhi kontak dengan orang yang dicurigai terjangkit virus corona.

26 Januari: 56 orang meninggal di China karena virus corona. Lebih dari 2000 lainnya terinfeksi.

Setidaknya hingga Selasa (28/1/2020) sebanyak 106 orang dinyatakan meninggal dunia lantaran virus yang masih satu keluarga dengan MERS dan SARS ini.
Selain itu 16 negara telah mengonfirmasi penemuan kasus yang disebabkan virus corona di wilayahnya. Keenam belas negara tersebut yakni: China, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal. Perancis, Australia, Kanada, Jerman, Taiwan, Sri Lanka, dan Kamboja. Sementara itu, lebih dari 4.515 orang lain terkonfirmasi positif terinfeksi virus ini. (kompas.com/Mela Arnani)

Gejala

ketika terjangkit virus  corona tersebut,,gejala yang timbul mirip seperti infeksi  saluran pernafasan seperti batuk disertai demam atau sebaliknya demam dulu lalu diikuti dengan batuk. gejalalain adalah dimulai dengan sesak nafas sampai  gejala agak berat yakni kesulitan dalam bernafas sehingga harus membutuhkan alat-alat bantu untuk pernafasan. untuk kasus yang lebih parah, orang yang terjangkit virus corona ini bisa mengalami gejala berat seperti pneumonia berat,gagal nafas, sampai kematian.

Berikut adalah beberapa langkah preventif pencegahan virus corona

1. Sering bilas tangan Anda dengan sabun dan air
2. Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang tidak sehat.
4. Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum
5. Jika Anda merasakan gejala seperti flu, segera periksa diri Anda.
6. Cukup beristirahat
7. Perbanyak minum air putih.